Acara Penghijauan di Pantai Romantis Medan

posted on 25 May 2016 11:44 by bnetblogger in Berita

Pantai Romantis di medan adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi masyarakat, bahkan telah menjadi ikon di daerah tersebut. Nah, bersama dengan organisasi pemerhati lingkungan, beberapa elemen masyarakat bahu membahu melakukan penghijauan di pantai tersebut. Sebuah kolaborasi acara pasangan romantis yang patut diapresiasi.

Acara yang berjalan meriah itu ikut di hadiri oleh 83 peserta dari bermacam komune dan siswa SMA di Kota Medan. Aktivitas yang diawali dengan penanaman mangrove di tempat yang telah ada itu cukup menarik perhatian warga yang datang sebagai pengunjung. Tindakan penanaman yang diawali dengan penjelasan singkat dari di antara anggota komune ikut diliput oleh media partner yang bekerja bersama-sama dalam aktivitas kesempatan ini. Disela penjelasan mengenai tata langkah penanaman, Bang Yusron, sebagai fasilitator, juga berhubungan dengan peserta sebelum saat turun ke tempat berlumpur.

Namun perlu diketahui, pantai yang indah ini janganlah dipakai mesum. Bila anda bersama pasangan, jangan melakukan adegan romantis di tempat umum, yang tentu saja ini menganggu nilai-nilai adat serta kesopanan. Sebaiknya anda lakukan di rumah.

Makin Perduli dengan Situasi Pesisir Kita

Rusaknya rimba mangrove yang berlangsung di Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara rata-rata menggapai angka 3. 700 ha. Menurut pengelola pantai, penyebabnya paling utama rusaknya rimba mangrove di Serdang Bedagai yaitu konversi tempat untuk peruntukan lain, seperti konversi areal perkebunan, pemukiman tempat pertanian serta pertambakan. Hal semacam ini yang jadikan Komunitas Marine Buddies Medan mengadakan tindakan penanaman mangrove dan mini talkshow berkaitan lokasi konservasi di Pantai Romantis.

Pantai romantis menjadi salah satu destinasi romantis pasangan muda yang ada di sekitar lokasi. Mereka bisa berduaan melihat matahari tenggelam ataupun melakukan hal-hal yang bermanfaat lainnya. 

Ayah Puji sebagai pembicara paling utama menuturkan mengenai fungsi ekosistem mangrove di pesisir pantai. Menurut Pak Puji ekositem mangrove miliki tiga fungsi paling utama, yakni ekologi, ekonomi serta edukasi. Ketiganya miliki peran terutama untuk keberlangsungan hidup warga yang tinggal di pesisir pantai. Seperti, ekosistem mangrove sanggup menahan terjadinya abrasi pantai, mengrove yang tumbuh di lokasi berlumpur jadi habitat kepiting yang dapat di jual warga untuk memberi pendapatannya dan menolong memperkenalkan rancangan ekowisata pada pengunjung yang datang.

Pak Puji harapkan di supaya aktivitas pelestarian seperti ini sanggup selalu dijalankan oleh beberapa pemuda di Kota Medan, “Lakukan apa yang perlu kita kerjakan untuk bumi ini. Mulai lah dari sendiri serta ajak yang lain untuk berperan,” tutur Pak Puji.

Diakhir acara, Komunitas Marine Buddies Medan memberikan selalu perduli merawat lingkungan dengan menebarluaskan semangat positif berbarengan Biota UNIMED serta komune yang lain di Kota Medan.

Comment

Comment:

Tweet